Review: Bipbip Watch

Bipbip Watch generasi 2 belum lama keluar dan lagi hot-hotnya promo. Tapi diriku masih penasaran sama Bipbip Watch generasi pertama. Thanks to uncle F, kesampean juga nyobain Bipbip Watch ini. 🙂

PAKET

Isi paket pembeliannya berupa Bipbip Watch, dock charger, kabel micro USB, Quick User Guide, dan kartu kecil berisi nomor IMEI.

DESAIN

Bentuk Bipbip Watch ya udah pasti berupa jam tangan anak-anak. Cukup imut dan cukup ringan melingkari tangan si kecil.

Tali jam sebodi utuh dengan jamnya. Secara keseluruhan berbahan plastik karet.

Pewarnaan polos. Pilihan warna Bipbip Watch banyak. Selain biru (Hurray Blue) yang kucoba, ada lagi kuning (Sunshine Yellow), pink (Happy Pink), biru muda (Toast Blue), dan yang terbaru ada tosca (Yippie Tosca), dan hitam (Treasure Black).

Layar jam pakai OLED, sayang ngga bisa ngukur dimensinya.

Di atas layar ada speaker, di bawah layar ada mic.

Di kiri bodi keliatan port charger. Di kanan bodi ada 3 tombol, dari atas ke bawah masing-masing volume up, power/call SOS, volume down.

Ada slot SIM card dalam jam. Tapi karena tak punya obeng super kecil, jadinya ngga bisa buka cover belakang. 😀 Slot ini udah dipasangi kartu Telkomsel.

Untuk ngecas, tingal pasang jam ke dock charger. Gak bakal salah pasang, karna posisinya udah diset begitu rupa sehingga pas. Selanjutnya, dock dicolokin kabel micro USB, trus kabel dicolokin pake kepala charger yang udah kita punya. Atau kalo aku sih langsung aja colokin ke charger smartphone biasa; kabel micro USB nya nganggur. 😀

Yang jadi masalah buatku sih selama ngecas itu layarnya ketutupan dock. Jadi susah ngeliatin apakah batre udah penuh, misalnya.

Pengecasan Bipbip Watch cukup cepat, rerata 2 jam. Daya tahan pemakaian rerata sehari. Kurang dari segitu kalo sering dipake telponan, bisa sehari setengah kalo ngga banyak dipakai telponan.

Gak nemu keterangan sertifikasi. Tapi katanya Bipbip Watch masih amanlah kalo sekadar kecipratan air.

FUNGSI

Fungsi yang disediakan Bipbip Watch adalah telepon dan tracker, selain tentu saja jam. 😀

Untuk penyetelan Bipbip Watch, kudu instal aplikasi Bipbip dulu di smartphone. Tersedia versi Android (cek di Play Store) maupun iOS (cek di App Store ). Gratis.

Tracker ya untuk ngelacak posisi anak yang pakai Bipbip Watch ini. Akurasinya lumayan lah, meski pun menurutku setelan radius 3000 meter kok kelewat luas ya?

Untuk nelpon, tinggal pencet tahan tombol yang udah disetel sebelumnya dari aplikasi. Untuk nerima telpon, tinggal pencet tombol.

Sebagai jam, tampilannya berupa jam digital.

KINERJA

Cukup gampang sih ngoperasiin Bipbip Watch. Bisa trial-error sendiri fungsi tombol dan menunya. Tapi baiknya emang tetep baca dulu manual sebelum ngutak-ngatik.

Gak perlu masang SIM card karna emang udah langsung dibundel. Tapi ya gak bisa gonta-ganti nomor juga, semisal sebelumnya udah punya nomor sendiri.

Princess M cukup cepat tau cara makai Bipbip Watch untuk nelpon. 😀

Jam nyikron dari setelan aplikasi di smartphone.

Akurasi tracker lumayanlah. Tapi tetep gak sreg liat radius yang sampe 3000 meter itu.

Ketika bertelepon, suara penelpon maupun suara penerima lumayan jelas.

KOMPETITOR

Kompetitor terdekat Bipbip Watch tadinya cuma Evercoss J1.

Tapi dengan keluarnya generasi baru Bipbip Watch, kompetisi juga dateng dari sodara sendiri. 😀

Lalu ada WatchPhone A6 yang juga nargetin pengguna anak-anak.

Tinggal puyeng milih ajah. :p

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *