Bayam Krispi

M susah banget dibujuk makan sayur. Makanya ketika ternyata doyan makan crispy spinach di menu Yoshinoya Kids Meal, emak langsung googling nyari cara bikinnya. 😀

Nemu beberapa resep di berbagai situs. Tapi setelah praktek, begini yang berhasil kubikin:

Bahan:
– Bayam segar, sebaiknya daun berukuran besar. Secukupnya.
– Minyak goreng. Secukupnya.
– Tepung bumbu serbaguna. Secukupnya.

Cara masak:
– Petik daun bayam, bilas dan tiris.
– Buat adonan krispi dari campuran tepung bumbu serbaguna dan air.
– Panaskan minyak goreng.
– Celup daun bayam ke adonan krispi, lalu rendam sejenak dalam minyak goreng panas.
– Begitu daun tampak garing, angkat, dan tiris.

Bergantung pengen seberapa banyak, bisa jadi nggorengnya beberapa batch. 😀

Catatan:
– Karena mengerut, daun besar bentuknya lebih “cantik” setelah digoreng. Apalagi kalau pengen daunnya dilebarkan.
Daun kecil lebih cepat hancur jadi remah. Kalaupun tergumpal, batch-nya jadi buanyak buanget. :))
– Batang bayam nggak perlu, kecuali doyan. 😀
– Komposisi tepung bumbu serbaguna dan air ikutin petunjuk pabrikannya aja.
Kubikin kental, toh lama-lama encer kecampur air tirisan. Kental pun gak bikin lapisan krispi jadi lebih tebal.
– Pastiin minyak goreng udah bener-bener panas sebelum daun dicelup.
Dengan begitu daun cuma dicelup beberapa detik. Begitu kelihatan kering, langsung angkat.

Oya, lebih enak dimakan saat masih kriuk-kriuk.

Kalo udah disimpan bermalam, meski dalam toples kedap udara, krispinya berkurang banyak. 😐

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *