Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

6 Cara Perawatan Kesehatan Anak Yang Harus Bunda Ketahui

Salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan oleh orangtua terhadap anaknya, adalah dengan selalu menjaga dan merawat kesehatan anak, supaya anak tetap terjaga kesehatannya dan tidak mudah sakit-sakitan. Sehingga bagi para orangtua harus mengetahui cara membuat anak supaya tetap sehat. Nah untuk itulah dalam artikel kali ini kami akan mengupas tentang 6 cara perawatan kesehatan anak yang harus bunda ketahui sebagai berikut :

1. Lakukan Imunisasi

Perawatan kesehatan anak yang harus bunda ketahui ialah dengan melakukan imunisasi, dikarenakan imunisasi sangatlah penting yang harus dilakukan untuk bayi berusia 12-18 bulan yang mempunyai tujuan untuk menjaga kekebalan tubuh yang dapat meminimalkan resiko bayi terkena penyakit. Sehingga, imunisasi mempunyai manfaat yang mampu melindungi bayi dari serangan bakteri dan juga virus yang rentan terjangkit pada bayi usia dini. Selain itu juga, imunisasi yang wajib dilakukan bagi setiap anak yaitu imunisasi polio, campak, HIB, PVC, DTP, Hepatitis A dan typus yang bisa dilakukan di puskemas atau juga rumah sakit.

2. Istirahat Yang Cukup

Pada bayi usia 1 sampai 2 tahun membutuhkan waktu tidur kurang lebih 12 sampai 14 jam setiap harinya, istirahat yang cukup sangat penting dan mempunyai manfaat yang bisa menjaga metabolisme tubuh, menghindari dari penyakit, membantu untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi, dan juga dapat menjaga daya ingat bayi. Selain itu juga, bayi dianjurkan untuk tidur 2 kali setiap harinya yaitu tidur siang sekitar 2 jam dan tidur malam sekitar 10 jam.

3. Menjaga Makanan

Perawatan kesehatan anak yang lainnya adalah dengan menjaga asupan makanan kepada anak, untuk menjaga asupan makanan terhadap anak perlu diimbangkan dengan nutrisi gizi yang seimbang yang harus diperhatikan. Sehingga, pada bayi usia dini mempunyai daya tahan tubuh yang rentan dari berbagai penyakit. Selain itu juga, dalam komposisi makanan tersebut harus mencakupi dengan kebutuhan zat tenaga dari lemak dan karbohidrat, zat pembangun yaitu protein, dan zat pengatur yaitu vitamin dan mineral.

4. Jangan Lupa Minum

Selain harus menjaga asupan makanan, sama pentingnya juga dalam memberikan asupan cairan yang dapat menghindari anak dari dehidrasi yang bisa didapatkan dari air putih, jus, susu, buah-buahan dan lain-lainnya. Untuk memberikan asupan cairan bunda harus membiasakan untuk memberi minum sang anak setiap habis makan atau juga bisa sejam sekali, bunda juga bisa mengkombinasikan air putih dan jus buah favorit anak bunda.

5. Menjaga Kebersihan Gigi

Rajin menggosok gigi juga dapat membantu menjaga kesehatan gigi dari karies dan karang gigi, mulut yang kotor dapat terjangkit dari penyakit dan dapat menimbulkan bakteri. Sehingga pada usia batita sudah dianjurkan untuk menggososk gigi 2 kali sehari yaitu di pagi hari dan sebelum tidur dengan menggunakan sikat gigi khusus untuk batita yang mempunyai tekstur yang lembut dan kecil, dengan menggunakan pasta gigi sesuai jumlah yang dianjurkan.

6. Selalu Cuci Tangan Dan Kaki

Untuk menjaga kesehatan anak, bunda bisa membiasakan untuk menjada kebersihan sang anak seperti membiasakan anak untuk mencuci tangan sebelum makan dengan menggunakan sabun. Karena hal tersebut merupakan salah satu cara yang sangat penting untuk dilakukan pada anak yang sangat aktif dalam memegang hal-hal baru, yang mempunyai berbagai sumber penyakit yang berasal dari tangan bayi yang kotor. Dengan begitu, sang bunda harus ekstra memperhatikan bayi untuk menjaga kebersihan tangan dan kakinya.

Dengan selalu menerapkan keenam cara perawatan diatas didalam kehidupan sehari hari, dijamin anak akan selalu hidup sehat dan ceria sehingga bunda pun akan bahagia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *