Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Perjuangan Bikin KIA

Kelar urusan Kartu Keluarga (KK), mari lanjut ngurus Kartu Identitas Anak, alias KIA.

(Baca: Bikin KK Tanda Tangan Kadis Dukcapil)

Nah. Ceritanya, setelah tertunda sekian lama dengan berbagai alasan, hari ini aku membulatkan tekat datang ke kantor Kelurahan untuk bikin KIA-nya bocah.

Pagi-pagi udah ngebongkarin map, ngecek kelengkapan syarat pembuatan KIA, which are:

– Fotokopi Kartu Keluarga.

– Fotokopi akta lahir anak.

– Fotokopi KTP bapak dan ibu.

– Pas foto 4×6 sebanyak 2 lembar.

Semua fotokopi disiapin rangkap 2. Gak lupa beri nama di balik pas foto; supaya gak tertukar.

Sempet puyeng soal pas foto, karena file pas foto terakhirnya kusimpen entah di mana.

Kupikir-pikir, scan aja kartu pelajarnya si bocil, terus crop dan edit dikit fotonya, terus print deh. Inilah gunanya punya scanner dan printer di rumah, berikut stok kertas fotonya. Hihihi.

Pulang sekolah barulah mampir ke kantor Kelurahan bareng bocah; karena waktu itu petugasnya bilang bahwa si anak kudu ikut datang juga untuk foto.

Etapi ternyata yaaa. Aku cuma nyetor berkas persyaratan itu doang. Si ibu petugas bilang nanti foto di KIA nya dari scan pas foto itu aja.

Errr… Tau gitu kan mending aku sendirian aja mampir ke situ dari tadi pagi. Mana susah dapet GrabCar maupun GoCar di lokasi kantor Kelurahan itu untuk pulang. Arghhh!

Seperti biasa, aku dapet tanda terima. Berhubung kolom tanggal pengambilan KIA-nya kosong, kutanyain dong ya kira-kira kapan selesainya.

Dan jawaban petugasnya adalah datang aja satu bulan lagi.

SATU BULAN?!?

Seriously?!?

Entah kenapa jadi inget kejadian waktu berniat mau perbaikan kecil pada KK yang akhirnya kubatalkan karena nantinya kudu nunggu satu bulan juga.

So. Baiklah. Mari kita datang lagi bulan depannn.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *