Smartfren Perkenalkan Aplikasi SiPINTER

Aplikasi SiPINTER ini khusus di smartphone BABINSA-100 yg khusus untuk Babinsa di Kodam IV Diponegoro.

Ada gak ya aplikasi yg bisa diinstal para petani dan petugas pertanian utk saling komunikasi utk peningkatan produktivitas pangan? Let’s search…

[showhide type=”pressrelease”]

Dukung Swasembada Pangan Nasional dan Komunikasi Teritorial Kodam IV Diponegoro,
Smartfren Perkenalkan Aplikasi SiPINTER

Tangerang, 4 Agustus 2015 – Dalam ajang pembukaan ICE (Indonesia Convention Exhibition) di kawasan BSD (Bumi Serpong Damai), Tangerang, Smartfen Telecom Tbk, penyedia jasa layanan telekomunikasi dan internet mobile broadband, turut memperkenalkan aplikasi cerdas untuk meningkatkan produktivitas Babinsa (Bintara Pembina Desa) di jajaran Kodam IV Diponegoro lewat aplikasi SiPINTER (Sistem Pelaporan dan Informasi Pembinaan Teritorial) yang dapat diakses anggota di lapangan lewat smartphone Andromax.

Selain mendukung solusi untuk pembinaan teritorial di Kodam IV Diponegoro, SiPINTER juga mampu mensinergikan peran petugas Dinas Pertanian, PPL dan Babinsa di lapangan melalui koordinasi secara terpadu, dan terintegrasi. SiPINTER berisi fitur-fitur yang berisi menu pelaporan, komando, data & mapping, dan operasi khusus. Terkait dengan pertanian, SiPINTER akan menjadi alat bantu bagi setiap Babinsa yang bertugas di wilayah untuk melaporkan hasil kegiatannya. Seperti diketahui, program swasembada pangan telah dicanangkan oleh Presiden RI dan Panglima TNI telah memerintahkan jajaran TNI AD untuk berperan aktif dalam program tersebut.

“Pertanian berkaitan erat dengan ketahanan pangan, oleh karena itu harus mendapatkan perhatian khusus, tak hanya dari pemerintah, tapi juga melibatkan peran swasta dan masyarakat. Guna membantu produktivitas pertanian, Smartfren menghadirkan SiPINTER. Lebih menarik lagi, SiPINTER juga berisikan berbagai fitur-fitur yang dapat menjadi alternatif bagi sistem komunikasi dan komando secara taktis bagi anggota Babinsa,” ujar Merza Fachys, Presiden Direktur PT Smartfren Telecom.

Sebagai aplikasi yang mendukung tugas teritorial Kodam, SiPINTER dirancang dengan beberapa keunggulan, diantaranya berbasis teknologi mobile sehingga bersifat personal (melekat pada anggota), memiliki kemampuan untuk mendeteksi posisi dan pergerakan anggota, memiliki kemampuan untuk memetakan potensi wilayah, sarana alternatif bagi komunikasi dan komando secara langsung, massal dan terarah. Dan bagi sesama Babinsa dapat melakukan telpon gratis.

“Aplikasi SiPINTER sudah berjalan sejak lama di Kodam Diponegoro, ini adalah buah dari kerjasaman antara Smartfren dengan beberapa pihak. Dan SiPINTER sejauh ini mampu beroperasi optimal dengan kemampuan mengirim data berupa gambar dan video secara real time. Terlebih lagi dukungan jangkauan sinyal yang luas dari Smartfren, dan nantinya adopsi 4G LTE akan sangat membantu,” kata Merza Fachys.

Semua fungsi SiPINTER dapat dengan mudah dimonitor dan dikendalikan melalui Command Center (Pusat Kendali Operasi) yang berada di Makodam, Makorem, dan Makodim. Bahkan jika diperlukan Command Center dapat dihadirkan secara mobile. Sistem keamanan data tak luput dari perhatian, SiPINTER dibekali dengan berlapis sistem keamanan, mulai dari device level security, mobile app security, web app security, dan data layer security.

Secara khusus, database terkait SiPINTER ditempatkan di fasilitas data center teraman di Indonesia. Dengan sistem keamanan terjaga 24 jam penuh, solusi SiPINTER juga dilengkapi backup/mirroring di tiga lokasi server terpisah sebagai mitigasi risiko bencana alam. Sementara dari sisi device, digunakan jenis BABINSA-100, smartphone khusus Babinsa di jajaran Kodam IV Diponegoro ini menggunakan platform seri Andromax C3.

[/showhide]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!