Mengenal Penyakit Herpes Zoster Dengan Penyebab dan Gejala Yang ditimbulkan

Penyakit herpes zoster atau yang dikenal dengan cacar ular atau cacar api merupakan penyakit yang memiliki tanda seperti timbulnya bintil pada kulit serta berisi air pada salah satu sisi bagian tubuh, dan ini juga akan terasa nyeri. Jika kalian ketahui penyakit herpes jenis ini disebabkan oeh infeksi virus varicella zoster, dan virus ini juga yang menjadi penyebab cacar air terjadi. Walaupun penyakit ini tidak terlalu berbahaya, akan tetapi untuk herpes zoster akan menimbulkan keluhan nyeri pada penderita, memang sudah ada obatnya berupa antivirus yang bisa mempercepat penyembuhan hingga mengurangi resiko terjadinya komplikasi.

Ada Pula Penyabab dan Faktor Resiko dari Herpes Zoster

Sudah disinggung tadi bahwa herpes zoster disebabkan oleh virus Varicella zoster, yang memang sudah dibahas juga merupakan penyebab cacar air pula. Jadi sebenarnya mereka yang mengalami herpes zoster ialah kalian yang sebelumnya sudah pernah mengalami yang namanya cacar air terlebih dahulu, kenapa bisa demikian karena, jika seseorang atau kalian yang mengalami ini dan sudah pernah sembuh dari cacar air, sebenarnya virus varicella zoster yang ada pada tubuh kalian menjadi tidak aktif, yang mana bertahan dalam saraf selama bertahun-tahun. Dan akan timbul kembali dan menjadi aktif kembali yang dapat menimbulkan herpes zoster atau cacar air. Memang masih belum dapat dipastikan bahwa apa yang menyebabkan virus VZV ini dapat aktif kembali, karena tidak semua orang pernah mengalami yang namanya cacar air akan juga mengalami herpes zoster, yang memang ada beberapa kondisi yang bisa menjadi resiko terjadinya herpes jenis ini seperti.

a. Jika seseorang sudah menginjak usia di atas 50 tahun, karena akan semakin besar risikonya seiring pertambahan usia
b. Sedang mengalami pengobatan kemoterapi atau radioterapi
c. Sedang menjalani pengobatan yang dapat mempengaruhi atau melemahkan sistem imun dalam tubuh
d. Dan sedang memiliki penyakit yang dapat melemahkan sistem imun seperti AIDS/HIV, pasca operasi, dan kanker.

Terdapat Gejala Yang Akan Timbul Bagi Penderita Herpes Zoster

Tentu saja di setiap penyakit memiliki gejala yang akan timubul pada tubuh kita yang mana menandakan bahwa sistem tubuh kita ini sedang melawan penyakit tersebut. Seperti herpes zoster juga memiiki gejala yang akan kalian alami selama sedang berada di fase ini, dan gejala utama yang akan timbul dari herpes zoster ialah timbulnya bintil berisi air pada kulit kalian seperti yang akan dijelaskan berikut ini.

a. Dengan kemunculan bintil akan seperti cacar air bagi yang pernah mengalami cacar air di salah satu tubuh
b. Bintil akan muncul hanya di satu tempat
c. Dan jaringan di sekitar bintil menjadi bengkak
d. Hingga bintil akan berkembang seperti luka lepuh
e. Dan luka lepuh akan pecah dengan sendirinya kemudian menjadi luka berkerak, dan akan menghilang seiring waktu
f. Dan akan timbul bintil di area mata yang bisa mengganggu penglihatan kalian.

Jika kalian ketahui bintil herpes pada kulit akan terasa sangat nyeri terasa seperti terbakar, kaku dan kesemutan, dan akan menjadi parah jika bintil ini kalian sentuh. Memang gejala penyakit herpes dari bintik seperti rasa nyeri sudah terasa saat dua hingga tiga hari bahkan sebelum bintil ini muncul, dan rasa nyeri ini akan terus terasa sampai bintil sudah hilang sekalipun. Dan gejala yang akan kalian alami lainnya seperti demam, sakit kepala, terasa lemas hingga merasa silau terhadap cahaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!